Selasa, 04 Desember 2012

Khasiat bawang merah

Khasiat bawang merah
Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang biasanya sering bahkan selalu digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Bawang merah termasuk tanaman umbi yang mengandung banyak zat bergizi didalamnya.

Selain sebagai bumbu, bawang merah juga memiliki manfaat lain atau khasiat yang berguna bagi kesehatan. Sering digunakan sebagai obat tradisional oleh orang tua sejak dulu.



Menurunkan kolesterol, mengatasi batuk, menyembuhkan asma, melawan sel kanker, meredakan sakit perut, mengurangi jerawat.

Cara pemanfaatan bawang merah :

Dari dalam, buatlah jus dari 20 gram bawang merah yang sudah dicuci bersih. Jus ini diminum 2 kali sehari, dicampur dengan satu sendok madu atau minyak zaitun.

Dari luar, untuk mengatasi demam pada anak : Potong tipis bawang merah, campur dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih secukupnya. Minyak tersebut dioleskan pada punggung, perut, kaki, dan tangan pada anak yang demam.

Senyawa sulfur dan flavonoids yang terkandung dalam bawang merah merupakan antioksidan yang sangat efektif membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh, sehingga bawang merah sering digunakan untuk tujuan pengobatan. Bawang merah juga mengandung vitamin C, potassium, serat, kalsium , protein, dan zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar